Selamat Datang

Ilmu Lingkungan adalah blog yang dibuat untuk mendukung mahasiswa Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Undana yang sedang mengambil mata kuliah Ilmu Lingkungan untuk mengikuti perkuliahan dengan metode blended learning dengan cara menyajikan materi kuliah yang dapat diakses secara daring (online). Materi kuliah disajikan secara ringkas disertai dengan tautan ke file PDF yang menyajikan uraian lebih rinci dan tautan ke halaman eksternal yang perlu dijelajah untuk memperkaya materi kuliah. Mahasiswa peserta kuliah diwajibkan untuk melakukan registrasi mengikuti perkuliahan. Mahasiswa peserta kuliah diwajibkan aktif menyampaikan komentar dan pertanyaan pada bagian bawah setiap materi kuliah.

Friday, December 15, 2023

Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024

Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 untuk mata kuliah Ilmu Lingkungan dari dosen I Wayan Mudita dilaksanakan secara daring pada Minggu, 17 Desember 2023 pukul 13.00 sampai Senin, 18 Desember 2023 pukul 13.00 WITA. Untuk mengerjakan ujian, usahakan mencari tempat dengan koneksi Internet yang memadai. Gunakan komputer desktop atau notebook, bukan tablet apalagi ponsel, untuk mengerjakan ujian. Sebelum mulai mengerjakan ujian, HARAP MEMBACA TULISAN INI SAMPAI SELESAI DAN BENAR-BENAR MENGERTI. Sebelum memulai, pastikan melakukan logout dan kemudian lakukan login kembali dengan menggunakan akun email sendiri. SILAHKAN KLIK Lanjutkan membaca untuk melanjutkan.


Menyiapkan Diri Mengikuti Ujian
Anda boleh membaca catatan, membaca bahan ajar, dan membaca buku teks dan artikel jurnal ilmiah, bila diperlukan, untuk menjawab pertanyaan ujian. Silahkan juga membaca semua tulisan pada blog Ilmu Lingkungan. Anda boleh mendiskusikan pertanyaan, tetapi Anda HARUS MENYUSUN KALIMAT SENDIRI UNTUK MENJAWAB SETIAP PERTANYAAN. Jawaban Anda akan diperiksa dengan menggunakan program aplikasi khusus untuk mengetahui apakah Anda menyalin dan menempel jawaban dari blog, dari Internet, atau dari teman lain. Untuk Anda yang melakukan hal tersebut tanpa menyebutkan sumber akan diberikan nilai 0 untuk setiap jawaban yang terindikasi ditulis secara curang.

Materi kuliah yang diujikan pada Ujian Akhir Semster Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 adalah sebagai berikut:
  1. 9. Lingkungan Sosial-Ekonomi-Budaya (1): Perkembangan dan Kebutuhan Penduduk
  2. 10. Lingkungan Sosial-Ekonomi-Budaya (2): Politik, Kebijakan, dan Hukum Lingkungan
  3. 11. Lingkungan Sosial-Ekonomi-Budaya (3): Filsafat, Etika, dan Ideologi Lingkungan
  4. 12. Permasalahan Lingkungan Sosial-Ekonomi-Budaya: Kemiskinan, Penguasaan Sumberdaya Alam, dan Marjinalisasi Masyarakat Lokal
  5. 13. Pengelolaan Lingkungan Sosial-Ekonomi-Budaya: Penanggulangan kemiskinan, pengelolaan kolaboratif sumberdaya alam, dan pemberdayaan masyarakat
  6. 14. Kondisi, Permasalahan, dan Pengelolaan Komponen Sosial-Ekonomi-Budaya Lingkungan Lahan Kering Kepuluan
  7. 15. Tantangan, Peluang, dan Topik Penelitian Lingkungan
  8. 16. Penutup: Peran Mahasiswa Ilmu Lingkungan dalam Menghadapi Tantangan yang Ditimbulkan oleh Permasalahan Lingkungan Lokal, Nasional, dan Global
Silahkan klik dan baca kembali setiap materi yang diujikan tersebut, termasuk membaca komentar dan/atau pertanyaan berikut tanggapan terhadap komentar dan/atau pertanyaan yang disampaikan.

Melaksanakan Ujian
Sebelum memulai mengerjakan ujian, silahkan terlebih dahulu memeriksa kembali untuk memastikan telah menandatangani daftar hadir kuliah 9, 10, 11, 12, 13, 14, dan 15 serta telah memasukkan laporan mengikuti kuliah 9, 10, 11, 12, 13, 14, dan 15 pada bagian akhir setiap materi kuliah. Setelah memastikan telah menandatangani daftar hadir dan memasukkan laporan melaksanakan kuliah dan mengerjakan tugas, silahkan mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan mengklik tautan berikut ini:
  1. KASUS UJIAN (klik setelah tautan aktif), yang memuat urain yang menjadi dasar untuk menjawab pertanyaan-paertanyaan dengan nomor yang ditetapkan. Baca setiap soal dengan cermat dan Jangan lupa untuk mengklik setiap tautan yang diberikan dan pelajari informasi yang dirujuk melalui tautan yang diberikan.
  2. PERTANYAAN UJIAN (klik setelah tautan aktif), yang terdiri atas sejumlah pertanyaan yang untuk menjawabnya Anda perlu membaca Soal Ujian yang berkaitan dengan pertanyaan yang bersangkutan secara. Pahami setiap pertanyaan yang berkaitan dengan setiap Soal Ujian sebelum menjawab Pertanyaan Ujian dan baca panduan menjawab setiap Pertanyaan Ujian sebagaimana diberikan di sebelah bawah setiap Pertanyaan Ujian.
  3. LEMBAR JAWABAN UJIAN (klik setelah tautan aktif), yang Anda gunakan untuk memasukkan jawaban terhadap setiap Pertanyaan Ujian dengan mengklik tombol Kirim di bagian bawah lembar jawaban ujian setelah pertanyaan pada semua bagian diisi. Jika tampil tulisan Tanggapan Anda telah direkam, berarti lembar jawaban ujian yang Anda kirimkan sudah masuk. Pastikan Anda melakukan login dengan menggunakan alamat email pada saat mendaftar mata kuliah sebelum mengikuti ujian, Anda tidak boleh menggunakan alamat email mahasiswa lain untuk mengikuti ujian. 
  4. Menandatangani Daftar Hadir (klik setelah tautan aktif) Melaksanakan Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023.
Tautan untuk mengakses soal ujian, pertanyaan ujian, lembar jawaban ujian, dan daftar hadir melaksanakan ujian akan diaktifkan pada jam dan tanggal yang telah ditetapkan. Untuk memudahkan Anda mengerjakan ujian dan menghemat paket data apabila Anda mengakses Internet dengan menggunakan paket data, silahkan lakukan sebagai berikut:
  1. Akses Soal Ujian dan Pertanyaan Ujian dalam keadaan komputer terhubung ke Internat;
  2. Salin Soal Ujian dan kemudian tempel pada program aplikasi Word;
  3. Salin Pertanyaan Ujian dan kemudian tempel pada program aplikasi Word;
  4. Matikan akses Internet dan kemudian jawab setiap Pertanyaan Ujian dengan mengetikkan menggunakan program aplikasi Word. Pastikan jawaban setiap Pertanyaan Ujian tidak lebih dari 100 kata dengan memblok jawaban dan kemudian mengklik menu Review>Word Count;
  5. Setelah semua Pertanyaan Ujian dan pertanyaan lainnya dijawab, aktifkan kembali sambungan Internet dan klik tautan Lembar Jawaban Ujian untuk menyalin jawaban dari program aplikasi Word dan menempel pada kotak jawaban yang sesuai dengan Pertanyaan Ujian.
Setelah setiap pertanyaan pada Lembar Jawaban Ujian selesai diisi, silahkan klik tombol Kirim untuk memasukkan Lembar Jawaban Ujian. Perhatikan bahwa setiap mahasiswa hanya dapat mengirimkan Lembar Jawaban Ujian satu kali. Oleh karena itu, pastikan bahwa semua pertanyaan sudah terisi sebelum mengklik tombol Kirim. Tunggu beberapa menit sampai Lembar Jawaban Ujian telah terkirim. Lembar Jawaban Ujian Akhir Semester ini harus sudah masuk selambat-lambatnya pada Senin, 18 Desember 2023 pukul 13.00 WITA.

Setelah Melaksanakan Ujian
Setelah melaksanakan Ujian Tengah Semester, silahkan MEMERIKSA untuk memastikan bahwa Anda sudah:
Selamat melaksanakani Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024.