Selamat Datang

Ilmu Lingkungan adalah blog yang dibuat untuk mendukung mahasiswa Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Undana yang sedang mengambil mata kuliah Ilmu Lingkungan untuk mengikuti perkuliahan dengan metode blended learning dengan cara menyajikan materi kuliah yang dapat diakses secara daring (online). Materi kuliah disajikan secara ringkas disertai dengan tautan ke file PDF yang menyajikan uraian lebih rinci dan tautan ke halaman eksternal yang perlu dijelajah untuk memperkaya materi kuliah. Mahasiswa peserta kuliah diwajibkan untuk melakukan registrasi mengikuti perkuliahan. Mahasiswa peserta kuliah diwajibkan aktif menyampaikan komentar dan pertanyaan pada bagian bawah setiap materi kuliah.

Smt. Ganjil 2021/2022

Kuliah Ilmu Lingkungan
Semester Ganjil Tahun 2020/2021

Selamat datang mahasiswa peserta kuliah Ilmu Lingkungan semester ganjil tahun 2021/2022. Matakuliah ini disampaikan dengan dukungan blog dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mutakhir lainnya. Silahkan persiapkan diri Anda untuk untuk hal-hal sebagai berikut:
  • Menggunakan komputer meja (desktop) atau komputer jinjing (laptop/notebook) dengan sistem operasi Windows, MacOS, atau Linux. Sebaiknya gunakan sistem operasi asli, bukan bajakan. Bila ingin menggunakan sistem operasi terbaru gratis, silahkan unduh dan pasang sistem operasi Linux. Silahkan pilih Best Linux distributions for Windows users bagi Anda yang sebelumnya terbiasa menggunakan sistem operasi Windows, Best Linux distributions that look like MacOS bagi Anda yang sebelumnya terbiasa menggunakan sistem operasi MacOS, atau Best lightweight Linux distros bagi Anda yang menggunakan komputer dengan spesifikasi terbatas (komputer murah/komputer lama).
  • Mengetik dengan benar menggunakan program aplikasi pengolah kata Word. Bila Anda hanya bisa mengetik dengan komputer seperti mengetik menggunakan mesin tik, silahkan pelajari cara mengetik menggunakan Word dengan benar. Sebaiknya gunakan Word asli, bukan bajakan. Bila Anda menginginkan program aplikasi pengolah kata gratis yang sangat mirip dengan Word, silahkan unduh dan pasang WPS Office 2016.
  • Berselancar di Internet dengan menggunakan peramban (browser) (FirefoxChrome, atau Brave) dan mesin pencari (Google atau mesin pencari lain). Bila Anda belum pernah berselancar di Internet, silahkan baca tulisan Belajar Menggunakan Internet di Warnet. Setelah membuka peramban, silahkan ketik https://ilmulingkunganundana.blogspot.com/ pada kotak URL (Universal Resource Locator) atau mengetik "ilmu lingkungan" tanpa tanda petik pada kotak pencarian untuk mengakses blog ini.
  • Berkomunikasi menggunakan akun email sendiri, sebaiknya gunakan Gmail. Bila Anda belum mempunyai akun Gmail, silahkan pelajari panduannya dan segera buat. Dengan membuka akun Gmail, Anda akan memperoleh akses ke seluruh layanan Google lainnya (a.l. Google Drive, Google+, Google My Maps).
  • Menggunakan akun penyimpanan file secara online yang disediakan oleh Google, yaitu Google Drive untuk menyimpan dokumen dan berbagi file dan menggunakan Google+ untuk menyimpan dan berbagi foto. Anda juga bisa menggunakan layanan penyimpanan dan berbagi file online MEGA dengan kapasitas penyimpanan gratis yang lebih besar. Silahkan mendaftar pada salah satu layanan sekarang juga.
  • Memanfaatkan berbagai sarana pembelajaran dengan dukungan Internet. Silahkan klik tautan (link) yang disediakan pada tulisan dan periksa apa yang dapat dilakukan dengan menggunakan setiap layanan yang tersedia.
Sebelum melanjutkan, silahkan terlebih dahulu mengisi formulir pendaftaran mengikuti kuliah Ilmu Lingkungan Semester Ganjil Tahun 2021/2022 (setelah tautan diaktifkan). Silahkan masuk dengan menggunakan akun email sendiri, menjawab setiap pertanyaan, dan mengklik tombol Kirim setelah semua pertanyaan dijawab. Silahkan kunjungi blog ini secara rutin karena segala sesuatu yang berkaitan dengan perkuliahan akan dikomunikasikan melalui blog ini. Setelah membaca tayangan tulisan dalam blog ini, harap biasakan memberikan komentar di bawah setiap tulisan. Bila Anda mengalami kesulitan dalam berinteraksi secara online, silahkan menghubungi dosen pengampu dengan mengklik halaman Hubungi Kami untuk menyampaikan kesulitan yang dihadapi.

Pada setiap hari kuliah, Anda harus sudah berada di dalam ruang kuliah pada jam kuliah yang ditetapkan. Silahkan persiapkan diri datang ke ruang kuliah untuk berdiskusi, bukan untuk datang, duduk, dan dengar. Segera periksa:
Dosen Pengampu

Tempat, Hari, dan Jam Kuliah
Kuliah: Selasa, kuliah tatap muka daring menggunakan aplikasi Zoom pukul 16.00-18.30 terdiri atas sesi pemaparan materi secara singkat, diskusi materi kuliah, dan penjelasan latihan pembelajaran kasus, mahasiswa diharapkan hadir minimal 3 menit sebelum waktu kuliah daring yang diterima. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak akan diperkenankan mengikuti kuliah.

Pokok Bahasan, Materi Kuliah, dan Jadwal Perkuliahan
Pokok Bahasan 1. Lingkungan sebagai Sistem (Philippi de Rozari, SSi., M.Sc., Ph.D.)
Pokok Bahasan 2. Lingkungan Fisik-Kimiawi-Hayati (Philippi de Rozari, SSi., M.Sc., Ph.D.)
Pokok Bahasan 3. Lingkungan Sosial-Ekonomi-Budaya (Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph.D.)
Ujian Semester
Perkuliahan dengan Dukungan Blog
Kuliah diberikan dengan dukungan blog agar mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas pembelajaran dengan dukungan Internet. Untuk berinteraksi dengan dosen pengampu, setiap mahasiswa harus menggunakan email sendiri dengan nama sebenarnya (bukan menggunakan email teman atau email dengan nama samaran). Mahasiswa yang belum mempunyai akun email sendiri atau mempunyai akun email tetapi menggunakan nama samaran, silahkan membuat akun Gmail (panduan). Mahasiswa yang telah mempunyai akun email sendiri dengan nama sebenarnya tetapi bukan Gmail, harap selalu mengosongkan Mailbox/Inbox sehingga bisa menerima email dengan lampiran (attachment). Bila diminta untuk mengumpulkan tugas atau jawaban ujian melalui email, kirimkan sebagai lampiran, bukan langsung dituliskan atau ditempel (paste) pada kotak pesan (message box).

Mahasiswa dapat menghubungi dosen pengampu setiap saat menggunakan email dengan mengklik Hubungi Kami. Untuk mengirimkan tugas dan jawaban ujian, akan diberikan cara tersendiri untuk memasukkan tugas dan jawaban ujian. Jangan pernah mengirimkan tugas atau jawaban ujian dengan cara menempelkan (paste) pada kotak pesan (message box).

Tata Cara Perkuliahan
Mahasiswa harus mengikuti kuliah minimal sebanyak 80% dari seluruh jumlah pertemuan tatap muka perkuliahan yang direncanakan berjumlah 16 kali pertemuan tatap muka. Mahasiswa yang mengikuti kuliah kurang dari 80% pertemuan tatap muka tidak akan memperoleh nilai akhir semester. Mahasiswa harus sudah berada di dalam ruang kuliah pada jam kuliah kuliah/praktikum yang telah ditetapkan. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak akan diperkenankan mengikuti perkuliahan/praktikum.

Perkuliahan dijadwalkan satu kali dalam satu minggu. Bila karena sesuatu hal ada dosen berhalangan hadir pada hari/jam yang dijadwalkan, dosen dapat mengalihkan perkuliahan ke hari hari/jam lain dengan terlebih dahulu menyepakati dengan mahasiswa. Dosen tidak dibenarkan meminta mahasiswa untuk menandatangani daftar hadir lebih dari satu kali dalam satu hari/jam kuliah. Bila ada dosen yang melakukan hal ini, silahkan melaporkan kepada koordinator matakuliah.

Perkuliahan dilaksanakan oleh setiap dosen sesuai dengan Silabus dan RKPS matakuliah (sedang disiapkan) dengan merujuk kepada bahan ajar yang telah tersedia. Dosen dapat memperkaya materi perkuliahan, tetapi tidak untuk mengubah Silabus dan RKPS. Mahasiswa wajib memeriksa Silabus dan RKPS matakuliah dan menyampaikan kepada dosen koordinator matakuliah bila ada dosen yang memberikan kuliah dengan materi yang menyimpang dari atau tidak sesuai dengan Silabus dan RKPS.

Dalam mengerjakan tugas, membuat laporan praktikum, menjawab ujian, dan menjawab ujian praktikum, mahasiswa tidak dibenarkan menjiplak pekerjaan teman atau menjiplak dari buku maupun dari sumber-sumber apapun juga yang diperoleh melalui Internet. Bila menggunakan sumber-sumber kepustakaan, mahasiswa harus merujuk pustaka yang digunakan dan menyertakannya dalam daftar pustaka. Mahasiswa yang diketahui melakukan penjiplakan dikategorikan sebagai melakukan plagiarisme dan akan diberikan sanksi pengurangan nilai sampai pada pemberian nilai 0, bergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Perujukan pustaka dan penyusunan daftar pustaka dilakukan dengan menggunakan gaya APA Edisi 6 (Panduan). Perujukan pustaka dan pembuatan daftar pustaka dapat dilakukan secara manual, tetapi akan diberikan nilai bonus bila mahasiswa melakukan secara otomatis dengan menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero. Silahkan unduh program berdiri sendiri untuk WindowsMac OS XLinux i686, atau Linux x86_64 serta ekstensi untuk peramban Mozilla FirefoxGoogle Chrome, atau Safari. Untuk menggunakan Zotero, program berdiri sendiri dan ekstensi harus diinstalasi ke komputer sesuai dengan sistem operasi dan jenis peramban yang digunakan. Bila belum pernah menggunakan Zotero, silahkan pelajari cara menggunakannya mulai dari sekarang juga.

Tatacara Ujian dan Penilaian
Soal ujian tengah semester atau akhir semester akan ditayangkan melalui blog ini pada tanggal ujian. Silahkan jawab setiap pertanyaan dengan mengetikkan jawaban dalam kotak yang disediakan. Ujian terdiri atas ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian praktikum. Ujian tengah semester dan akhir semester akan dilakukan dengan mengirimkan jawaban ujian melalui email dengan menggunakan akun email milik sendiri. Mahasiswa yang tidak mengirimkan tugas atau jawaban ujian atau yang terlambat mengirimkan tugas atau jawaban dari tanggal yang telah ditentukan akan diberi nilai 0. Nilai akhir semester terdiri atas nilai tugas, nilai ujian tengah semester, nilai ujian akhir semester, laporan praktikum, ujian praktikum, dan nilai softskill (di antaranya keterampilan menggunakan komputer dan Internet).

Menjelang akhir semester. nilai ujian dan/atau nilai akhir semester akan diumumkan terlebih dahulu melalui blog berupa nilai sementara. Mahasiswa akan diberikan waktu satu minggu untuk mengajukan keberatan melalui pesan singkat atau email terhadap nilai sementara yang telah diumumkan. Pengajuan keberatan harus disertai dengan bukti-bukti pendukung, misalnya print out Sent Mail dari akun email sendiri untuk menunjukkan bahwa mahasiswa telah mengirimkan tugas atau jawaban ujian. Mahasiswa yang mengajukan keberatan tanpa disertai dengan bukti-bukti pendukung atau mengajukan keberatan setelah batas waktu pengajuan keberatan tidak akan dilayani. Silahkan tetap mengunjungi blog ini setelah ujian tengah semester sampai setelah ujian akhir semester.

Kesepakatan Perkuliahan
Dengan mendaftar dan mengikuti matakuliah Ilmu Lingkungan ini maka mahasiswa menyatakan menerima segala ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan kualiah, pengerjaan tugas, dan pelaksanaan praktikum sebagaimana yang telah diuraikan pada halaman ini.

Lain-lain
Semua mahasiswa peserta kuliah diasumsikan telah membaca dan memahami seluruh ketentuan yang disampaikan pada halaman ini.