Selamat Datang

Ilmu Lingkungan adalah blog yang dibuat untuk mendukung mahasiswa Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Undana yang sedang mengambil mata kuliah Ilmu Lingkungan untuk mengikuti perkuliahan dengan metode blended learning dengan cara menyajikan materi kuliah yang dapat diakses secara daring (online). Materi kuliah disajikan secara ringkas disertai dengan tautan ke file PDF yang menyajikan uraian lebih rinci dan tautan ke halaman eksternal yang perlu dijelajah untuk memperkaya materi kuliah. Mahasiswa peserta kuliah diwajibkan untuk melakukan registrasi mengikuti perkuliahan. Mahasiswa peserta kuliah diwajibkan aktif menyampaikan komentar dan pertanyaan pada bagian bawah setiap materi kuliah.

Semester Lalu

Kuliah Ilmu Lingkungan
Semester Genap Tahun 2020/2021

Selamat datang mahasiswa peserta kuliah Ilmu Lingkungan semester genap tahun 2020/2021. Matakuliah ini disampaikan dengan dukungan blog dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mutakhir lainnya. Silahkan persiapkan diri Anda untuk untuk hal-hal sebagai berikut:
  • Menggunakan komputer meja (desktop) atau komputer jinjing (laptop/notebook) dengan sistem operasi Windows, MacOS, atau Linux. Sebaiknya gunakan sistem operasi asli, bukan bajakan. Bila ingin menggunakan sistem operasi terbaru gratis, silahkan unduh dan pasang sistem operasi Linux. Silahkan pilih Best Linux distributions for Windows users bagi Anda yang sebelumnya terbiasa menggunakan sistem operasi Windows, Best Linux distributions that look like MacOS bagi Anda yang sebelumnya terbiasa menggunakan sistem operasi MacOS, atau Best lightweight Linux distros bagi Anda yang menggunakan komputer dengan spesifikasi terbatas (komputer murah/komputer lama).
  • Mengetik dengan benar menggunakan program aplikasi pengolah kata Word. Bila Anda hanya bisa mengetik dengan komputer seperti mengetik menggunakan mesin tik, silahkan pelajari cara mengetik menggunakan Word dengan benar. Sebaiknya gunakan Word asli, bukan bajakan. Bila Anda menginginkan program aplikasi pengolah kata gratis yang sangat mirip dengan Word, silahkan unduh dan pasang WPS Office 2016.
  • Berselancar di Internet dengan menggunakan peramban (browser) (FirefoxChrome, atau Brave) dan mesin pencari (Google atau mesin pencari lain). Bila Anda belum pernah berselancar di Internet, silahkan baca tulisan Belajar Menggunakan Internet di Warnet. Setelah membuka peramban, silahkan ketik https://ilmulingkunganundana.blogspot.com/ pada kotak URL (Universal Resource Locator) atau mengetik "ilmu lingkungan" tanpa tanda petik pada kotak pencarian untuk mengakses blog ini.
  • Berkomunikasi menggunakan akun email sendiri, sebaiknya gunakan Gmail. Bila Anda belum mempunyai akun Gmail, silahkan pelajari panduannya dan segera buat. Dengan membuka akun Gmail, Anda akan memperoleh akses ke seluruh layanan Google lainnya (a.l. Google Drive, Google+, Google My Maps).
  • Menggunakan akun penyimpanan file secara online yang disediakan oleh Google, yaitu Google Drive untuk menyimpan dokumen dan berbagi file dan menggunakan Google+ untuk menyimpan dan berbagi foto. Anda juga bisa menggunakan layanan penyimpanan dan berbagi file online MEGA dengan kapasitas penyimpanan gratis yang lebih besar. Silahkan mendaftar pada salah satu layanan sekarang juga.
  • Memanfaatkan berbagai sarana pembelajaran dengan dukungan Internet. Silahkan klik tautan (link) yang disediakan pada tulisan dan periksa apa yang dapat dilakukan dengan menggunakan setiap layanan yang tersedia.
Sebelum melanjutkan, silahkan terlebih dahulu mengisi formulir pendaftaran mengikuti kuliah Ilmu Lingkungan Semester Ganjil Tahun 2019/2020 (setelah tautan diaktifkan). Silahkan masuk dengan menggunakan akun email sendiri, menjawab setiap pertanyaan, dan mengklik tombol Kirim setelah semua pertanyaan dijawab. Silahkan kunjungi blog ini secara rutin karena segala sesuatu yang berkaitan dengan perkuliahan akan dikomunikasikan melalui blog ini. Setelah membaca tayangan tulisan dalam blog ini, harap biasakan memberikan komentar di bawah setiap tulisan. Bila Anda mengalami kesulitan dalam berinteraksi secara online, silahkan menghubungi dosen pengampu dengan mengklik halaman Hubungi Kami untuk menyampaikan kesulitan yang dihadapi.

Pada setiap hari kuliah, Anda harus sudah berada di dalam ruang kuliah pada jam kuliah yang ditetapkan. Silahkan persiapkan diri datang ke ruang kuliah untuk berdiskusi, bukan untuk datang, duduk, dan dengar. Segera periksa:
Dosen Pengampu

Tempat, Hari, dan Jam Kuliah
Kuliah: Jumat, Gedung Pascasarjana Undana, harap hadir tepat waktu. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak akan diperkenankan mengikuti kuliah.

Perkuliahan dengan Dukungan Blog
Kuliah diberikan dengan dukungan blog agar mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas pembelajaran dengan dukungan Internet. Untuk berinteraksi dengan dosen pengampu, setiap mahasiswa harus menggunakan email sendiri dengan nama sebenarnya (bukan menggunakan email teman atau email dengan nama samaran). Mahasiswa yang belum mempunyai akun email sendiri atau mempunyai akun email tetapi menggunakan nama samaran, silahkan membuat akun Gmail (panduan). Mahasiswa yang telah mempunyai akun email sendiri dengan nama sebenarnya tetapi bukan Gmail, harap selalu mengosongkan Mailbox/Inbox sehingga bisa menerima email dengan lampiran (attachment). Bila diminta untuk mengumpulkan tugas atau jawaban ujian melalui email, kirimkan sebagai lampiran, bukan langsung dituliskan atau ditempel (paste) pada kotak pesan (message box).

Mahasiswa dapat menghubungi dosen pengampu setiap saat menggunakan email dengan mengklik Hubungi Kami. Untuk mengirimkan tugas dan jawaban ujian, akan diberikan cara tersendiri untuk memasukkan tugas dan jawaban ujian. Jangan pernah mengirimkan tugas atau jawaban ujian dengan cara menempelkan (paste) pada kotak pesan (message box).

Tatacara Perkuliahan
Mahasiswa harus mengikuti kuliah minimal sebanyak 80% dari seluruh jumlah pertemuan tatap muka perkuliahan yang direncanakan berjumlah 16 kali pertemuan tatap muka. Mahasiswa yang mengikuti kuliah kurang dari 80% pertemuan tatap muka tidak akan memperoleh nilai akhir semester. Mahasiswa harus sudah berada di dalam ruang kuliah pada jam kuliah kuliah/praktikum yang telah ditetapkan. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak akan diperkenankan mengikuti perkuliahan/praktikum.

Perkuliahan dijadwalkan satu kali dalam satu minggu. Bila karena sesuatu hal ada dosen berhalangan hadir pada hari/jam yang dijadwalkan, dosen dapat mengalihkan perkuliahan ke hari hari/jam lain dengan terlebih dahulu menyepakati dengan mahasiswa. Dosen tidak dibenarkan meminta mahasiswa untuk menandatangani daftar hadir lebih dari satu kali dalam satu hari/jam kuliah. Bila ada dosen yang melakukan hal ini, silahkan melaporkan kepada koordinator matakuliah.

Perkuliahan dilaksanakan oleh setiap dosen sesuai dengan Silabus dan RKPS matakuliah (sedang disiapkan) dengan merujuk kepada bahan ajar yang telah tersedia. Dosen dapat memperkaya materi perkuliahan, tetapi tidak untuk mengubah Silabus dan RKPS. Mahasiswa wajib memeriksa Silabus dan RKPS matakuliah dan menyampaikan kepada dosen koordinator matakuliah bila ada dosen yang memberikan kuliah dengan materi yang menyimpang dari atau tidak sesuai dengan Silabus dan RKPS.

Dalam mengerjakan tugas, membuat laporan praktikum, menjawab ujian, dan menjawab ujian praktikum, mahasiswa tidak dibenarkan menjiplak pekerjaan teman atau menjiplak dari buku maupun dari sumber-sumber apapun juga yang diperoleh melalui Internet. Bila menggunakan sumber-sumber kepustakaan, mahasiswa harus merujuk pustaka yang digunakan dan menyertakannya dalam daftar pustaka. Mahasiswa yang diketahui melakukan penjiplakan dikategorikan sebagai melakukan plagiarisme dan akan diberikan sanksi pengurangan nilai sampai pada pemberian nilai 0, bergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Perujukan pustaka dan penyusunan daftar pustaka dilakukan dengan menggunakan gaya APA Edisi 6 (Panduan). Perujukan pustaka dan pembuatan daftar pustaka dapat dilakukan secara manual, tetapi akan diberikan nilai bonus bila mahasiswa melakukan secara otomatis dengan menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero. Silahkan unduh program berdiri sendiri untuk WindowsMac OS XLinux i686, atau Linux x86_64 serta ekstensi untuk peramban Mozilla FirefoxGoogle Chrome, atau Safari. Untuk menggunakan Zotero, program berdiri sendiri dan ekstensi harus diinstalasi ke komputer sesuai dengan sistem operasi dan jenis peramban yang digunakan. Bila belum pernah menggunakan Zotero, silahkan pelajari cara menggunakannya mulai dari sekarang juga.

Tatacara Ujian dan Penilaian
Soal ujian tengah semester atau akhir semester akan ditayangkan melalui blog ini pada tanggal ujian. Silahkan jawab setiap pertanyaan dengan mengetikkan jawaban dalam kotak yang disediakan. Ujian terdiri atas ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian praktikum. Ujian tengah semester dan akhir semester akan dilakukan dengan mengirimkan jawaban ujian melalui email dengan menggunakan akun email milik sendiri. Mahasiswa yang tidak mengirimkan tugas atau jawaban ujian atau yang terlambat mengirimkan tugas atau jawaban dari tanggal yang telah ditentukan akan diberi nilai 0. Nilai akhir semester terdiri atas nilai tugas, nilai ujian tengah semester, nilai ujian akhir semester, laporan praktikum, ujian praktikum, dan nilai softskill (di antaranya keterampilan menggunakan komputer dan Internet).

Menjelang akhir semester. nilai ujian dan/atau nilai akhir semester akan diumumkan terlebih dahulu melalui blog berupa nilai sementara. Mahasiswa akan diberikan waktu satu minggu untuk mengajukan keberatan melalui pesan singkat atau email terhadap nilai sementara yang telah diumumkan. Pengajuan keberatan harus disertai dengan bukti-bukti pendukung, misalnya print out Sent Mail dari akun email sendiri untuk menunjukkan bahwa mahasiswa telah mengirimkan tugas atau jawaban ujian. Mahasiswa yang mengajukan keberatan tanpa disertai dengan bukti-bukti pendukung atau mengajukan keberatan setelah batas waktu pengajuan keberatan tidak akan dilayani. Silahkan tetap mengunjungi blog ini setelah ujian tengah semester sampai setelah ujian akhir semester.

Kesepakatan Perkuliahan
Dengan mendaftar dan mengikuti matakuliah Ilmu Lingkungan ini maka mahasiswa menyatakan menerima segala ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan kualiah, pengerjaan tugas, dan pelaksanaan praktikum sebagaimana yang telah diuraikan pada halaman ini.

Lain-lain
Semua mahasiswa peserta kuliah diasumsikan telah membaca dan memahami seluruh ketentuan yang disampaikan pada halaman ini.
Semester Ganjil 2019/2020

Softskill/Tugas
Setiap mahasiswa peserta kuliah Ilmu Lingkungan Semester Ganjil Tahun 2019/2020 wajib menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap setiap materi kuliah di dalam kotak komentar yang disediakan di bawah materi. Setiap mahasiswa juga wajib mengomentari dan/atau menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa lainnya, minimal terhadap komentar dan/atau pertanyaan satu mahasiswa dalam satu materi. Harap membaca petunjuk di bawah setiap materi mengenai batas akhir menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan. Pada akhir perkuliahan, setiap mahasiswa wajib menyampaikan laporan mengenai komentar dan/atau laporan yang telah disampaikan. Format laporan dapat diunduh di SINI (klik untuk mengunduh). Anda harus mengunduh file dan menyimpan di komputer masing-masing, tidak bisa mengerjakan langsung di layar yang terbuka (klik tanda panah ke bawah di sudut kanan atas layar untuk mengunduh). Setelah format laporan diisi lengkap, silahkan ganti nama file dengan memasukkan nama masing-masing untuk menggantikan namamahasiswa dalam file yang diunduh dan kemudian simpan file dengan nama baru. Selanjutnya silahkan masukkan file yang sudah diganti nama sesuai dengan nama mahasiswa dengan menggunakan formulir pemasukan laporan di SINI (klik untuk memasukkan formulir laporan). Laporan harus sudah masuk paling lambat pada Jumat, 22 Desember 2019 untuk dinilai sebagai softskill dan laporan seluruh komentar dan/atau pertanyaan untuk dinilai sebagai penilaian tugas.

Perkuliahan Daring
Untuk menggantikan perkuliahan Materi 13 pada Jumat, 6 Desember 2019 yang tidak bisa dilakukan secara tatap muka luring maka dilakukan perkuliahan daring pada Kamis, 12 Desember 2019 mulai pada pukul 16.30 WITA. Untuk melakukan perkuliahan daring, setiap mahasiswa wajib membaca Materi 13 dan menandatangani daftar hadir pada saat kuliah luring pada Jumat, 13 Desember 2019. Setelah membaca materi kuliah, silahkan jawab pertanyaan dengan mengklik tautan Formulir Perkuliahan Daring 12 Desember 2019 (klik tautan untuk menjawab pertanyaan). Setelah menjawab semua pertanyaan, silahkan klik tombol Kirim di bagian kanan bawah halaman untuk mengirimkan formulir. Setelah mengklik tombol Kirim, tunggu sampai tampil pesan Tanggapan Anda telah direkam untuk memastikan bahwa formulir yang Anda masukkan telah diterima. Anda hanya bisa mengirimkan formulir satu kali.

Semester Ganjil Tahun Kuliah 2016/2017

Kuliah Daring 3
Disampaikan bahwa karena sedang melaksanakan tugas di luar kota maka kuliah pada Kamis, 15 Desember 2016 dilaksanakan online. Silahkan baca tulisan pengantar3.1 sampai 3.5 dan buku teks yang direkomendasikan, lalu sampaikan komentar dan/atau pertanyaan. Mohon maaf, mahasiswa yang tidak bertanya dan/atau menyampaikan komentar pada suatu tulisan tidak akan memperoleh nilai tugas dari tulisan yang bersangkutan.

Kuliah Daring 2
Selaku dosen pengampu saya menyampaikan permohonan maaf karena kembali tidak dapat memberikan kuliah tatap muka pada Kamis, 17 November 2017. Dengan kerendahan hati saya memohon kepada Bapak/Ibu mahasiswa peserta kuliah untuk membaca setiap tulisan pada blog ini dan mendiskusikannya dengan menyampaikan pendapat dan/atau menyampaikan pertanyaan. Saya memohon bantuan Bapak/Ibu lainnya untuk membantu saya menjawab pertanyaan yang diajukan. Mohon Bapak/Ibu mahasiswa dapat memperhatikan dan mengindahkan ketentuan ini. Saya menunggu Bapak/Ibu mahasiswa dapat menindaklanjuti ketentuan ini sampai selamambat-lambatnya sebelum 24 November 2016. Mohon Bapak/Ibu mendiskusikan untuk mencari waktu luang pada hari Sabtu untuk menggantikan kuliah tatap muka yang selama ini tidak dapat terselenggara sesuai dengan jadwal. Mohon bantuan Bapak Ketua Kelas untuk menemui dosen pengampu di ruang kerja Lantai II Gedung Rektorat pada setiap hari kerja.

Kuliah Daring 1
Berhubung kuliah pada Kamis, 10 November 2016 tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka maka kuliah pada hari tersebut digantikan secara online. Silahkan baca materi 1.1 serta materi 2.1 sampai 2.5 dan sampaikan komentar atau pertanyaan padat dan jelas (maksimum 50 kata) mengenai setiap materi di dalam kotak komentar. Komentar dan/atau pertanyaan harus sudah disampaikan selambat-lambatnya pada 24 November 2016Mohon dengan hormat Bapak/Ibu mahasiswa peserta kuliah dapat memperhatikan ketentuan ini.

Pengumuman 4
Saya sudah meminta pada awal perkuliahan agar mahasiswa mendaftar secara daring. Nyatanya ada masiswa yang tidak mendaftar. Saya sudah meminta berulang kali agar setiap mahasiswa mengerjakan tugas dengan cara memberikan komentar terhadap SETIAP tulisan dalam blog. Nyatanya hanya beberapa mahasiswa yang memberikan komentar, itupun hanya terhadap beberapa tulisan. Saya sudah menyampaikan berulang-ulang bahwa jangan saling menyontek pada saat mengerjakan ujian. Nyatanya ada mahasiswa yang kata-katanya dalam jawaban ujian mereka sama lebih dari 70%. Dengan berat hati saya sampaikan bahwa saya tidak bisa membantu lebih dari itu. Silahkan periksa sendiri nilai akhir semester ganjil tahun 2016/2017 di SINI. Saya menghargai orang bergelar, tetapi menghargai lebih tinggi orang yang mau berusaha dan mempunyai integritas.

Pengumuman 3
Ujian Akhir Semester akan dilaksanakan secara daring pada Jumat, 27 Januari 2017 pada pukul 09.00-21.00 WITA. Soal Ujian akan ditampilkan sebagai pos termutakhir pada blog ini disertai dengan panduan pengerjaannya. Setiap Mahasiswa WAJIB menyampaikan 1 (satu) komentar tanggapan terhadap setiap tulisan pengantar materi kuliah dalam blog ini. Komentar tanggapan dapat berupa: (1) pendapat mengenai topik tulisan, (2) pertanyaan mengenai aspek tertentu dari topik tulisan, atau (3) informasi tambahan mengenai topik tulisan (bisa ketiganya, dua, atau salah satu). Komentar tanggapan tersebut diketik ringkas, tanpa disertai basa-basi, dan tidak lebih dari 200 kata dan selambat-lambatnya disampaikan pada tanggal Ujian Akhir Semester. Isi komentar tanggapan akan dinilai sebagai Nilai Tugas, sedangkan cara penyampaian komentar sebagai Nilai Softskill.

Pengumuman 2
Kepada mahasiswa peserta kuliah Ilmu Lingkungan harap mengikuti ketentuan perkuliahan: (1) mendaftar sebagai mahasiswa peserta kuliah, (2) mengunduh dan membaca buku teks wajib, (3) mendiskusikan materi kuliah yang disampaikan melalui tulisan dalam blog ini dengan menyampaikan komentar berupa pendapat atau pertanyaan, (4) mengerjakan tugas yang diberikan pada akhir tulisan tertentu, dan (5) bertanya pada saat kuliah tatap muka. Nilai akhir semester akan ditentukan berdasarkan aktivitas tersebut.

Pengumuman 1
Mahasiswa peserta kuliah Ilmu Lingkungan semester ganjil tahun 2016/2017 diwajibkan mendaftar di SINI. Setelah mendaftar silahkan periksa hasil pendaftaran di SINI. Pendaftaran harus sudah dilaksanakan selambat-lambatnya pada 16 November 2016.